11 Fakta Tentang Bulu Mata yang Wajib Kamu Tahu!

Januari 27, 2018
Bulu mata memiliki peran yang cukup penting dalam urusan penampilan wajah. Maka dari itu, kebanyakan dari wanita yang melakukan berbagai macma usaha guna membuat bulu mata menjadi tetap tampil cantik dan lentik.

Tidak hanya berfungsi untuk melindungi mata saja, bulu mata juga memiliki fungsi untuk mempercantik bagian mata. Sementara itu, bulu mata juga memiliki fakta unik tersendiri. Seperti apa?

Fakta Tentang Bulu Mata

Bulu Mata

1. Mempunyai Siklus Hidup

Bulu mata akan berganti dengan rutin baik itu selama 90 hari atau 3 bulan sekali. Jadi, kamu sendiri tak perlu khawatir karena setiap bulu mata yang rontok pasti akan tumbuh lagi.

2. Panjang Bulu Mata Tak Pernah Seragam

Apabila kamu melihat teman, keluarga atau siapapun itu yang memiliki bulu mata rata bagai dipangkas setiap hari, jangan percaya jika itu bulu mata asli. Karena, panjang bulu mata itu tak pernah sama. Biasanya, untuk bagian tengah akan selalu lebih panjang dibandingkan dengan bagian ujung.

3. Punya Kelenjar Khusus

Bulu mata tak serta-merta tumbuh begitu saja dari dalam kulit kelopak mata. Mereka punya kelenjar tersendiri yang terdapat di bagian jaringan bawah kulit.

4. Panjangnya Tidak Sampai 1 cm

Panjang normal bulu mata tanpa penggunaan maskara atau extension rata-rata kurang dari 10 milimeter.

5. Memiliki Kandungan Protein

Untuk bulu mata, terdapat kandungan protein yang terbilang cukup tinggi, yang mana mengandung terdiri atas 97% keratin dan 3% air.

6. Selalu Ada yang Rontok Setiap Hari

Kaitannya dengan durasi atau usia bulu mata yang hanya 90 hari saja, tak kurang dari 1 helai pasti selalu ada saja bulu mata yang setiap hari rontok. Untuk mendapatkan pertumbuhan dengan normal lagi, butuh waktu sekitar 6 hingga 8 minggu.

7. Bulu Mata Bagian Atas dan Bawah Memiliki Jumlah yang Berbeda

Bisa dilihat dengan kasat mata jika jumlah buluh mata di bagian atas akan selalu lebih banyak dibandingkan dengan bulu mata pada bagian bawah. Bulu mata bagian atas memiliki jumlah kurang lebih sebanyak 200 helai dan untuk bulu mata pada bagian bawah kurang lebih setengah dari bulu mata bagian atas atau sekitar 100 helai.

8. Memiliki Kutu

Berdasar dari berbagai macam sumber dan penelitian, bulu mata juga ternyata memiliki makhluk hidup kecil yang membaur dengan bulu mata, yakni kutu. Kudu yang ada di bulu mata dinamakan dengan demodex yang tumbuh dan hidup di dasar bulu mata. Kutu ini tak perlu dikhawatirkan karena baik dan bersahabat, karena akan memakan sel mati pada bulu mata.

9. Berubah Seiring Bertambahnya Usia

Ketebalan bulu mata bisa berubah seiring dengan usia yang bertambah. Untuk bisa menjaga bulu mata tetap tebal dan cantik, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin B, jika perlu tambahkan suplemen.

10. Menjepit Bulu Mata Bisa Membuatnya Patah

Menjepit bulu mata bisa membuatnya menjadi tercabut dari akar. Tindakan ini juga bisa membuat bulu mata patah menjadi 2. Maka dari itu, hati-hati saat menjepit bulu mata, gunakan alat dengan lembut.

11. Maskara Waterproof Bisa Merusak

Bulu mata memiliki fungsi penting untuk melindungi mata dari berbagai macam kotoran dan debu. Namun, saat berbagai macam zat yang tahan air bisa melekat, reaksi alergi bisa muncul dan menimbulkan gatal. Alangkah baiknya untuk memilih bahan natural untuk penggunaan maskara.

Karena memang ukurannya sangat kecil, bagian bulu mata sering dilupakan untuk perawatan. Namun, selalui diingat saat menggunakan make up!

Jangan pernah lupa untuk selalu merawat bulu mata ini agar selalu tampak cantik.

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar