Hati-hati! 9 Penyebab Bulu Mata Rontok

Januari 25, 2018
Bulu mata yang mudah/gampang atau sering rontok memang membuat kita menjadi kurang nyaman. Karena pada dasarnya, bulu mata bisa membangun karakter wajah seseorang.

Rontoknya bulu mata sendiri sering diibaratkan adanya rasa rindu seseorang kepada orang lain. Namun, ternyata sama sekali tak ada kaitannya atau hubungan dengan rasa rindu tersebut.

Justru malah dengan rontoknya bulu mata bisa menjadi awal gejala terjadinya indikasi penyakit lain. Memang terdengar cukup mengerikan karena tak sedikit orang yang kerap kali mengalami hal yang seperti ini.

Tak perlu langsung merasa khawatir, karena kaitan tersebut hanya berlaku bagi mereka yang sering mengalami kerontokan bulu mata atau bulu alis dalam jumlah yang tak wajar.

Jadi, alangkah baiknya sekarang untuk mengecek apa yang menjadikan penyebab bulu mata menjadi rontok. Jangan minder ya!

Penyebab Bulu Mata Rontok

Bulu Mata
Bulu Mata, via gogirl.id

1. Penggunaan Maskara

Menggunakan maskara memang bisa membuat bulu mata menjadi jauh lebih tebal dan lebih lentik. Akan tetapi, hal ini sebenarnya menjadikan alasan mengapa bulu mata kamu menjadi sering atau gampang rontok.

Terlebih jika kamu merupakan pribadi yang hobi menggunakan maskara waterproof, masalahnya, jenis yang satu ini mengandung bahan kimia yang mana mampu membuat bulu mata menjadi jauh lebih kaku.

Tinta maskara yang menempel erat dan membuat bulu mata menjadi kaku bisa membuatmu membutuhkan tenaga yang lebih untuk menghilangkannya. Hal ini tentu akan sangat beresiko karena bisa membuat bulu mata menjadi rentan rontok.

Tidak hanya itu saja, dalam beberapa kasus, ada juga orang yang alergi dengan produk maskara tertentu. Hal ini yang selanjutnya membuat bulu mata menjadi rontok dan akhirnya bulu mata kian menipis.

2. Menggunakan Penjepit Bulu Mata

Kebanyakan wanita menggunakan penjepit bulu mata agar bisa memperindah tampilan di akhir riasan mata yang sudah dilakukan. Akan tetapi, ternyata tanpa disadari, menggunakan penjepit khusus ini justru bisa membuat bulu mata gampang rontok!

Terlebih saat digunakan bersama dengan penggunaan maskara. Maka, bulu mata bisa jadi lebih lengket dan akhirnya saat sedang dijepit, bulu mata menempel pada permukaan penjepit dan bulu mata ikut rontok.

3. Mengalami Alopecia

Jika kamu memang merasa jika bulu mata terus-menerus rontok dan sangat sulit untuk tumbuh, mungkin bisa saja kamu mengalami penyakit autoimun yang dinamakan dengan alopecia. Apa itu?

Alopecia biasanya ditandai dengan kerontokan pada rambut kepala yang bisa menyebabkan terjadinya botak, namun untuk sektor bulu mata, alis dan bulu-bulu halus di bagian tubuh yang lain juga bisa terkena dampak atau pengaruhnya.

Apabila memang ini terjadi pada diri kalian, sebaiknya sekarang untuk memeriksakan diri lebih lanjut kepada dokter.

4. Kebiasaan Mengucek Mata

Tanpa kamu sadari, ternyata memiliki kebiasaan mengucek mata bisa membuat bulu mata menjadi berjatuhan satu per satu. Maka dari itu, coba diusahakan untuk tidak mengusap bagian mata terlalu keras, karena juga bisa berbahaya.

Tak hanya membuat bulu mata rontok, melainkan juga tak baik untuk kesehatan mata. Tangan yang kamu gunakan untuk mengucek mata bisa saja dipenuhi oleh banyak bakteridan parasit yang bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada mata.

5. Radang di Bagian Kelopak Mata

Infeksi atau radang yang terjadi di kelopak mata disebut dengan nama blefaritis. Biasanya, kondisi yang terjadi ini diakibatkan oleh adanya infeksi kuman, cider atau bahkan reaksi alergi.

Salah satu dampak yang bisa ditimbulkan saat radang kelopak mata ini karena rontoknya bulu mata. Jika hal ini disertai dengan rasa sakit yang terjadi di area mata, alangkah baiknya untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

6. Sedang Menjalani Kemoterapi

Jangan kaget apabila kamu sedang menjalani kemoterapi, karena bisa menyebabkan semua bulu dan rambut menjadi rontok, salah satunya adalah bulu mata.

Walaupun efek samping ini bergantung dari jenis serta dosis obat tersebut, melainkan pada umumnya kemoterapi bisa membuat beberapa helai bulu mata menjadi rontok.

Akan tetapi, jangan pernah khawatir karena setelah pengobatan selesai, bulu mata bisa kembali tumbuh normal seperti biasanya.

7. Penyebab yang Lain

  • Faktor usia, bisa membuat bulu mata rontok dan terlihat mengecil
  • Keturunan atau genetik, yang berarti memiliki bulu mata tipis dan pendek, keturunan dari orang tua
  • Kekurangan vitamin E pada tubuh

Cara Mencegah atau Mengatasi agar Bulu Mata Tak Lagi Rontok

  • Menggunakan maskara yang baru, karena menjadi alternatif baik untuk menghindari alergi pada bulu mata
  • Hati-hati saat membersihkan makeup, terutama di bagian mata
  • Jangan lupa untuk membersihkan makeup sebelum kamu beristirahat
  • Jangan terlalu sering menggunakan alat penjepit bulu mata
  • Lepaskan bulu mata palsu secara perlahan

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar